Apa Saja Gejala Umum Insomnia Yang Akan Dirasakan

Insomnia merupakan keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan dalam tidur, waktu tidur, dan biasanya akan menyebabkan seseorang tidur dengan tidak nyenyak bahkan tidak tidur sama sekali sepanjang malam. Mungkin kamu pun tidak akan asing lagi dengan kata insomnia karena banyak sekali anak muda yang mengirimkan postingan pada akun sosial medianya bahwa mereka mengalami insomnia.

Bagi kamu yang tidak pernah mengalami insomnia merupakan hal yang sangat baik. Karena orang-orang yang mengalami insomnia tentu saja terjadi karena ada hal-hal tertentu yang dijadikan penyebabnya, dan ini disebut dengan insomnia sekunder. Namun, memang ada juga insomnia yang datang sendiri tanpa ada keadaan lain yang mengganggu, dan disebut dengan insomnia primer.

Terdapat gejala umum insomnia yang bisa kamu pelajari. Karena pada orang yang tidak mengetahui gejalanya, mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami insomnia. Insomnia sendiri sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya. Insomnia biasanya datang hanya satu malam saja, atau bisa juga beberapa kali dalam sebulan maupun setahun. Hal ini disebut dengan insomnia akut.

Namun, apabila kamu lebih sering mengalami insomnia dibandingkan dengan tidur secara normal, maka hal ini disebut dengan insomnia kronis. Insomnia kronis terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan sering. Bisa saja kamu mengalami insomnia 4 kali dalam seminggu atau ada pula yang terjadi setiap hari. 

Gejala umum insomnia memang bervariasi, menurut doktersehat.com. Gejala-gejala yang akan kamu alami ketika mengalami insomnia antara lain tetap merasakan kelelahan meski sudah tidur, bangun tidur yang lebih awal dari apa yang kamu rencanakan dan inginkan, saat siang hari kamu merasa lelah dan terus mengantuk. Emosimu tidak terkontrol dengan baik seperti mudah marah, merasakan depresi, dan rasa cemas yang berlebihan. Saat mengalami insomnia, kamu akan kehilangan fokus serta konsentrasi dalam mengerjakan apa pun. Sakit kepala dan munculnya rasa khawatir mengenai tidur.

Sedangkan menurut halodoc.com, gejala yang terjadi pada orang yang mengalami insomnia adalah sulitnya merasakan kantuk dan tidak akan bisa tertidur. Sering terbangun ketika malam tiba, bahkan lebih dari tengah malam, serta tidak bisa lagi untuk tertidur. Akan merasa bahwa sulit untuk berkonsentrasi, lebih emosional, merasakan lelah terus menerus sehingga mengacaukan kegiatan di siang harinya. Orang yang mengidap insomnia tidak akan bisa tidur di siang hari meski merasakan lelah.

Insomnia memang membuat orang menjadi susah tidur meskipun ingin. Karena semalam terjaga dan tidak tidur, maka pikiran akan menjadi kosong sehingga tidak akan bisa berkonsentrasi. Rasa lelah yang tidak kunjung terobati, membuat suasana hati pengidap insomnia menjadi tidak terkontrol maka lebih sering untuk marah-marah.

Tidak hanya membuat seseorang menjadi emosional, gangguan pada tidur ini pun akan membuat orang menjadi depresi karena kurangnya istirahat. Efek yang paling parah ketika seseorang mengalami insomnia, khususnya insomnia kronis, adalah kecelakaan. Kecelakaan ini akibat dari lelahnya tubuh dan juga tidak kunjung bisa berkonsentrasi.

Maka dari itu, jika kamu sudah merasakan gejala-gejala tersebut di atas, kamu sudah bisa melakukan konsultasi dengan dokter. Namun, memang kebanyakan orang tidak ingin repot atau ribet apalagi hanya baru satu kali mengalami insomnia, jadi mereka tidak pergi ke dokter. Sebenarnya memang masih tidak apa-apa, jika insomnia masih akut.

Segeralah konsultasi ke dokter ahlinya ketika kamu sudah merasa bahwa kegiatanmu menjadi kacau karena kurangnya dan sulitnya tidur. Itulah ulasan mengenai gejala umum insomnia yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Gejala Umum Insomnia Yang Akan Dirasakan"

Post a Comment