Inilah Bermacam Jenis Tanaman Pagar Serta Manfaatnya




Tanaman hidup adalah salah satunya komponen pembentuk pagar, hingga bisa jadi pilihan pagar satu bangunan. Selain itu tanaman mempunyai peranan yang bermacam seperti meningkatkan keindahan satu bangunan, sebagai penahan atau penghambat pada debu, polusi serta radiasi cahaya matahari. Tanaman pagar atau pagar hidup mempunyai kekhasan tertentu, yakni percantik taman depan rumah.
Faedah Tanaman Pagar

Tidak hanya berperan jadi pembatas kavling atau pemilikan, ada banyak peranan serta faedah lainnya dari pemakaian pagar tanaman.

  • Jadi filter suara, pagar hidup yang cukup rimbun serta tinggi bisa menahan keributan dari hilir mudik kendaraan bermotor.
  • Kurangi pencemar udara, seperti gas NO serta CO2 hasil buangan knalpot kendaraan bermotor sampai 70% lebih.
  • Beberapa macam tanaman seperti cemara serta bambu – bambuan bisa menghambat debu masuk ke halaman rumah.
  • Jadi filter berbau, umumnya tanaman di tempatkan di seputar bak sampah supaya berbau tersaring. Tanaman lakukan fotosintesis yang menyerap karbondioksida (CO2) serta melepas oksigen (O2) membuat udara di sekelilingnya jadi fresh.
  • Pemakaian type tanaman yang bisa keluarkan aroma (aromatik) dapat menangani berbau yang tidak enak di seputar rumah.

Penentuan Tanaman Pagar

Tanaman yang biasa dipakai jadi penghias taman sekaligus juga pagar atau pembatas harus mempunyai beberapa karateristik yang pas di untuk jadikan pagar tanaman. Beberapa persyaratan itu ialah seperti berikut :

1. Tahan Pada Pergantian Cuaca

Penentuan type tanaman yang sesuai situasi keadaan ditempat, seperti iklim mikro, kelembapan, temperatur, type tanah, serta tingkat kesuburan tanah akan membuahkan tanaman dengan perkembangan yang baik. Bila ingin lebih aman, pakai tanaman yang pas di semua iklim serta perubahannya, seperti type perdu (mawar, lantana, teh – tehan, bugenvil, soka, dan lain-lain)

2. Berbentuk Tahunan

Hal itu ditujukan supaya pemakaian tanaman dapat lebih lama (long lifetime) hingga tanaman tak perlu ditukar serta pemotongan tidak sering dikerjakan. Tanaman type ini salah satunya keji beling, teh – tehan, soka, serta puring.

3. Tidak Gampang Menggugurkan Daun

Type tanaman yang gampang menggugurkan daun akan terlihat buruk (tidak menarik) serta perawatannya susah jika dipakai jadi pagar.
4. Tidak Disenangi Hewan Herbivora

Type tanaman yang bisa di pilih bisa berbentuk tanaman beraroma, seperti mint, rempah – rempahan, tanaman berdaun runcing atau jarum, sampai tanaman berbatang cukup tebal seperti bambu.

5. Gampang Dirawat serta Bukan Tanaman Produktif

Tanaman produktif seperti buah – buahan umumnya membutuhkan perlakuan serta perawatan spesial supaya pertumbuhannya baik serta bisa berproduksi. Tetapi, ada banyak type seperti tanaman rempah serta obat yang tidak memerlukan banyak perawatan, seperti keji beling, mangkokan, serta beluntas
6. Proposional Dengan Luas Pekarangan Dan Keadaan Lingkungan

Untuk pekaranagn sempit serta jalan lingkungan yang tidak lebar (gang) semestinya diambil type tanaman yang memiliki ukuran kecil atau sedang, serta disarankan menanam tanaman di pot. Maksudnya supaya pagar hidup tidak menutupi rumah atau mengonsumsi tubuh jalan. Tanaman type ini yang pas untuk pagar hidup salah satunya type palem (contohnya palem botol) atau cemara ( contoh cemara lilin).
Type – Type Tanaman Pagar

Berdasarkan type tanaman yang dapat jadikan pagar tanaman seperti berikut :

1. Semak Serta Perdu

Tanaman semak benar-benar beragam, tinggi, serta volumenya bergradasi. Tingginya dari mulai atas ground cover sampai setinggi pohon jadi peneduh. Ciri-khasnya bermacam, ada yang tumbuh vertikal, melebar mengarah horisontal atau tumbuh menjuntai.

Type perdu tinggi salah satunya teh-tehan (Duranta repens), kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis), soka (Ixora hybrida), kaca piring (Gardenia jasminoides), kemuning (Muraya paniculata), klerodendron (Clerodendrum bungei), puring (Cordiaeum variegatum), mangkokan, keji beling, serta hanjuang (Cordyline).

2. Pohon

Jadi tanaman peneduh sekaligus juga tanaman pagar, barisan pohon benar-benar bermacam type serta ukurannya. Untuk peneduh di luar, pagar bisa diambil tanaman yang memiliki ukuran semakin besar seperti, beberapa jenis palem, Cerbera odollam, sikat botol, serta glodokan tiang. Tanaman itu memiliki kanopi lumayan lebar (2-3 m) hingga memerlukan tempat yang lebih luas.

Untuk ditanam di taman atau jadi pagar, semestinya diambil yang batangnya tidak besar serta ukuran kanopinya cuma selebar 1-2 m saja. Kenanga, kamboja, serta terong hias (Solanum) pas untuk peranan itu. Type pohon lain yang seringkali dipakai jadi penghias taman serta pagar ialah pohon pelindung seperti glodokan tiang atau cemara lilin.

3. Tanaman Rambat

Tanaman ini mempunyai ciri-ciri tumbuh menyebar. Bisa digabungkan dengan pagar yang dibuat dari komponen keras sperti besi serta kayu. Supaya tidak terkesan terbuka, pagar rumah semestinya diberi tanaman menjalar. Tanaman ini berperan jadi penutup pagar yang transparan hingga kurangi pandangan langsung mengarah dalam.

Type tanaman menjalar ada dua jenis, yakni ada yang menjalar sendiri serta butuh dirambatkan. Type tanaman yang berbentuk menjalar sendiri, contohnya stefanot, Passiflora, mucuna (flama of Irian), pseudocayma, Costus maroon, serta thunbergia.

Sesaat tanaman perdu yang butuh dirambatkan, contohnya bugenvil, pyrostegia, serta alamanda. Tanaman yang berupa pagar atau terali, seperti nona makan sirih, air mata pangantin, asparagus, beluntas, kembang telang, serta Ipomoea purpurea dapat dipakai.

4. Bambu – Bambuan

Tanaman beberapa jenis bambu – bambuan seringkali dipakai jadi pembatas ruang taman dengan jalan umum. Daunnya kecil serta rapat dan pertumbuhannya dapat menepis debu serta menahan suara. Type bambu hias yang bisa jadikan pagar tanaman, salah satunya bambu jepang (Arandinaria japonica) serta bambu kuning.

5. Kaktus

Kaktus adalah tanaman yang gampang dirawat. Oleh sebab habitat aslinya di gurun, tanaman ini akan tumbuh sehat walau tidak disiram. Beberapa macam kaktus memerlukan cahaya matahari penuh hingga pas ditanam di halaman atau teras rumah jadi lansekap, salah satunya Astrophytum asterias, Ferocactus herrerae, serta Acanthocalycium violaceum.


6. Tanaman air

Tanaman ditanam pada suatu wadah (Container) berupa unik bisa jadi daya tarik satu rumah. Kombinasi di antara soft material dari tanaman air serta hard material dari gentong atau bak penyangganya jadi nilai lebih yang dapat memberi kesan-kesan unik pada taman. Terdapatnya tanaman air dapat menahan panas serta memberi kesan-kesan sejuk dan menentramkan pemikiran.


Beberapa macam tanaman air tampil kekar dengan daun serta batang yang menjulang tegak di atas permukaan air, seperti lotus, papyrus (Cyperus papyrus), cyperus (Cyperus alternifolius), typha (Typha angustifollia), melati air (Echinodorus palaefolius), serta Thalia geniculata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Bermacam Jenis Tanaman Pagar Serta Manfaatnya"

Post a Comment