Inilah 10 Teknik Memotong Sayuran Yang Benar



Pernah gak sich kamu memerhatikan potongan makanan yang kamu makan? Terutamanya sayuran ya. Untuk satu sayuran saja nyatanya banyak tehnik yang dapat dipakai untuk memotongnya, lho. Belum juga sayuran ada banyak macamnya.

Di dunia tata boga, tehnik memangkas sayuran banyak sekali macamnya. Potongan sayuran itu bukan hanya sekedar sembarangan, tetapi untuk memudahkan saat proses memasak, presentasi akhir makanan serta rasa dari makanan tersebut.

Bikin yang hoby masak tentu tidak asing dengan beberapa jenis potongan sayuran, tetapi mungkin tidak paham beberapa nama dari potongan itu. Nah kesempatan ini akan diulas tentang beberapa macam tehnik fundamen memangkas sayuran yang umum digunakan serta umum diketemukan. Yuk, baca ulasannya.

1. Slice
Slice adalah potongan sayuran yang seringkali diketemukan serta benar-benar fundamen sekali. Slice atau irislah adalah tehnik memangkas dengan horizontal atau miring dengan rata. Potongannya dapat memiliki ukuran potongan tebal atau tipis.

Umumnya potongan ini umum diketemukan pada timun, tomat, wortel, lemon, bawang dan lain-lain. Langkah memotongnya gampang sekali, kamu tinggal memangkas sayuran atau buah dengan ukuran potongan sesuai dengan yang kamu kehendaki tetapi umumnya tipis serta tidak tebal.

2. Chiffonade
Nah, jika chiffonade ialah potongan yang umumnya diketemukan pada sayuran seperti kol, sawi, seledri, daun herbal dan lain-lain. Bentuk dari potongan chiffonade ialah berbentuk potongan tipis membentang. Umumnya potongan sayuran yang memakai tehnik ini diketemukan di makanan seperti bakwan atau salad.

Untuk memangkas dengan tehnik ini biasanya dengan menggulung sayuran atau daun herbal terlebih dulu, selanjutnya mengirisnya dengan tipis-tipis sampai tercipta potongan tipis membentang.

3. Jardiniere
Jardiniere ialah potongan sayuran berupa balok. Biasanya diketemukan pada sayur wortel, lobak, serta kentang. Untuk bikin potongan type ini triknya ialah memangkas sayur dengan ukuran panjangnya sekitar 3 cm khususnya wortel atau lobak.

Selanjutnya irislah beberapa bagian untuk jadikan alas, supaya tidak tergelincir saat memangkas sisi yang lain. Lalu potong semua bagian sampai membuat balok besar. Kemudian potong kembali sampai ukurannya sekitar 3 cm x 1 cm x 1 cm. Umumnya potongan type ini diketemukan ada di sayuran pendamping steak.

4. Julienne
Julienne adalah potongan sayuran yang kita mengenal dengan potongan batang korek api. untuk bikin potongan ini dapat dengan mengawali potongan jardiniere serta mengirisnya sampai berupa tipis memanjang. Ukurannya sekitar 3 cm x 1 mm x 1 mm.

Umumnya potongan ini gampang didapati pada bahan salad dan bakwan. Sayuran yang seringkali dipakai ialah wortel, lobak, timun dan lain-lain.

5. Dice
Dice atau yang diketahui dengan potongan dadu adalah potongan basic yang cukup seringkali diketemukan juga. Nah untuk potongan dadu ini ada banyak type serta ukuran yakni: large dice, medium dice, serta small dice.

Large dice atau potongan sayur berupa dadu dengan ukuran 2 cm x 2 cm, selanjutnya medium dice ukurannya 1,2 cm x 1,2 cm serta small dice memiliki ukuran 6 mm x 6 mm. untuk membuat dapat diawali dengan potongan jardiniere serta memotongnya berupa dadu sesuai ukuran yang diharapkan.

Umumnya potongan dadu pada sayur ini diketemukan pada sup, untuk pengerjaan kaldu, nasi goreng, salad buah dan lain-lain. Sayuran yang dipakai umumnya kentang, wortel, lobak serta sayuran akar yang lain.

6. Brunoise
Brunoise seperti dengan potongan dadu, tetapi ukurannya lebih kecil yakni seputar 1mm x 1mm. untuk bikin potongan brunoise ini awalnya bikinlah potongan jardiniere selanjutnya bentuk jadi juliene serta dipotong berupa dadu kecil.

Potongan sayuran ini juga sama seperti dengan potongan dice gampang diketemukan pada wortel, kentang serta sayuran berakar yang lain. Untuk masakan mungkin kita seringkali menemuinya pada risoles sayur.

7. Chopped
Chopped atau yang lebih kita mengenal dengan potongan cincang yang tidak teratur. Potongan ini ada yang memiliki ukuran halus dan kasar, bergantung dari type makanan yang akan dibikin.

Untuk bikin potongan ini biasanya untuk bawang putih digeprek dulu selanjutnya dicincang sesuai ukuran yang diperlukan. untuk bawang bombai umumnya dibagi dua terlebih dulu, selanjutnya membuat beberapa potongan serta potongan sesuai yang diperlukan.

Umumnya potongan ini seringkali didapati untuk bumbu masakan yang ditumis seperti bawang, atau kacang dengan ukuran cincang kasar jadi topping es cream dan lain-lain.

8. Minced
Minced ini seperti dengan chopped, tetapi ukurannya lebih halus . Sama seperti dengan chopped, umumnya potongan dengan tehnik minced seringkali didapati untuk bumbu masakan, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai, jahe dan lain-lain.

Tehnik ini dipakai untuk keluarkan rasa dari makanan itu, khususnya pada bumbu masakan. Untuk keluarkan rasa-rasanya umumnya bumbu itu dibuat dengan minyak hingga rasa dari bumbunya menyatu dengan minyaknya itu serta dapat rata ke semua makanan yang akan dibuat.

9. Paysanne
Potongan paysanne seperti dengan potongan slice. Potongan paysanne adalah potongan dengan ukuran tipis sesuai bentuk dari sayuran tersebut. Atau juga bisa dengan mengubahnya membuat sayuran yang dipakai jadi kotak, bunga dan sebagainya dan iris tipis seputar 12 mm x 12 mm x 4 mm saja.

Sayur yang umumnya dipakai untuk potongan ini ialah wortel atau lobak. Serta seringkali diketemukan pada makanan seperti sup.

10. Wedges
Pernah makan potato wedges? Nah jadi potato wedges itu bukan nama makanan tetapi adalah tehnik memangkas sayuran atau buah yang potongannya sesuai bentuk juring sayur atau buah tersebut.

Umumnya tidak hanya pada kentang tehnik memangkas wedges ini didapati pada apel, pir, tomat dan lain-lain. Potongan ini cukup gampang untuk dikerjakan sebab tinggal memangkas sesuai juring sayur atau buahnya saja seperti seperti bentuk bulan sabit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 10 Teknik Memotong Sayuran Yang Benar"

Post a Comment