9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Kunyit adalah salah satunya rempah yang benar-benar terdapat banyak di Indonesia, serta cukup banyak yang membuatnya jadi herbal tradisionil. Tidaklah heran sebab faedah tanaman / rempah ini bukan sekedar untuk masakkan tetapi untuk kesehatan. Faedah kunyit diantaranya yang seringkali didapati oleh warga umum untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan lain-lain. Sedang faedah yang lain dari kunyit untuk bersihkan muka serta hilangkan flek hitam pada kulit.
Kandungan Zat Pada Kunyit

Kunyit mempunyai beberapa kandungan salah satunya :

  1. Zat warna kurkuminoid – Satu senyawa diarilheptanoid seputar 3-4% serta yang terbagi dalam Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin serta bisdesmetoksikurkumin.
  2. Minyak atsiri – Memiliki kandungan sekitar 2-5% yang terbagi dalam seskuiterpen serta turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron serta beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  3. Mineral – magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium serta bismuth
  4. Zat lain – Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammardan tannin

Faedah Kunyit

Faedah kunyit untuk kesehatan tidak terpungkiri , dia mempunyai beberapa nutrisi sehat yang diperlukan badan manusia.

1. Anti Inflamasi (peradangan)

Kandungan minyak volatile dalam kunyit sudah tunjukkan kegiatan anti-inflamasi yang relevan dalam beberapa mode eksperimental serta riset. Serta lebih kuat dari minyak atsiri, ini karena pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebutkan curcumin. Curcumin dipandang agen farmakologis penting dalam kunyit. Dalam banyak riset, dampak anti-inflamasi curcumin ini sudah dapat dibuktikan sepadan obat hydrocortisone serta fenilbutazon jadi zat anti-inflamasi seperti Motrin. Berlainan dengan obat-obatan, yang terkait dengan dampak toksik yang relevan (pembentukan ulkus, penurunan jumlahnya sel darah putih, pendarahan usus), curcumin tidak membuahkan toksisitas.

2. Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi akut)

Studi klinis sudah menunjukkan jika kurkumin dalam kunyit diberikannya dampak anti-oksidan yang benar-benar kuat. Jadi anti-oksidan, kurkumin dapat menetralkan radikal bebas, bahan kimia yang bisa pada tubuh serta mengakibatkan beberapa kehancuran pada beberapa sel sehat serta membran sel. Ini penting dalam banyak penyakit, diantaranya ialah radang sendi, dimana radikal bebas adalah pemicu peradangan sendi yang menyakitkan serta kehancuran pada sendi.


Kandungan kunyit yang bisa memberi dampak anti-oksidan serta anti-inflamasi menerangkan kenapa beberapa orang dengan penyakit sendi sangat terasa lega saat konsumsi herbal ini. Dalam satu riset paling baru mengenai pasien dengan rheumatoid arthritis (peradangan sendi akut), kurkumin dibanding dengan fenilbutazon akan membuahkan perbaikan yang sepadan dalam waktu singkat seperti kaku saat pagi hari serta kurangi pembengkakan sendi.

3. Mencegah Kanker

Kandungan anti-oksidan kurkumin ini sangat mungkin membuat perlindungan beberapa sel usus besar dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan DNA. Proses ini benar-benar berguna terutamanya buat usus besar yang mana perubahan sel cukup cepat, yang berlangsung kurang lebih tiap tiga hari. Sebab replikasi sel ini seringkali berlangsung, mutasi DNA pada sel usus bisa mengakibatkan pembentukan beberapa sel kanker tambah lebih cepat. Curcumin menolong badan untuk merusak beberapa sel kanker, hingga mereka tidak bisa menebar ke semua badan yang bisa membuat kehancuran yang lebih kronis.Langkah penting kurkumin mengerjakannya dengan tingkatkan peranan hati.

Proses lain yang dikerjakan oleh curcumin (zat pembentuk kuning/orange pada kunyit) yang bisa membuat perlindungan dari perubahan kanker dengan menghalangi sintesis protein dipandang bertindak dalam pembentukan tumor serta menahan perubahan supply darah penambahan yang dibutuhkan untuk perkembangan sel kanker. Kunyit lebih ampuh daripada faedah daun serai serta mungkin sama lebih baiknya dengan faedah daun sirsak dalam memberantas kanker.

Kanker apa yang ampuh dicegah lewat kunyit ?

  • Kanker hati,
  • Kanker usus besar,
  • Kanker darah,
  • Kanker prostat
4. Tingkatkan Anti-oksidan

Kandungan curcumin adalah salah satunya anti-oksidan kuat yang bisa menetralisir radikal bebas sebab susunan kimianya yagn dipunyainya. Diluar itu kurkumin tingkatkan kegiatan enzim anti-oksidan di pada tubuh sendiri. Dengan langkah berikut, curcumin memberi perlawanan / membunuh radikal bebas.

5. Tingkatkan Peranan Hati

Riset yang dikerjakan dengan objek studi tikus yang dikerjakan untuk menilai dampak kunyit pada potensi hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia, kandungan dua enzim detoksifikasi hati penting (UDP glucuronyl transferase serta glutathione-S-transferase) dengan relevan bertambah pada tikus yang dikasih makan kunyit dibanding dengan yang tidak. Beberapa periset memberi komentar, “Hasil riset tunjukkan jika kunyit bisa tingkatkan skema detoksifikasi tidak hanya karakter anti-oksidan”

6. Kurangi Risiko Leukimia

Riset yang dipresentasikan pada pertemuan tentang leukimia yang diadakan di London, memberi bukti jika konsumsi makanan diberi bumbu dengan kunyit dapat kurangi efek terserang leukimia.

Ialah Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang hampir 20 tahun lakukan studi ini. Dalam studinya dia menjelaskan jika curcumin dalam kunyit bisa :

  • Menghalangi mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang dibuat oleh pembakaran bahan bakar berbasiskan karbon terhitung asap rokok)
  • Menghalangi radiasi kehancuran kromosom
  • Menahan pembentukan amina heterosiklik beresiko serta senyawa nitroso, yang ada pada makanan olahan tersendiri, seperti produk daging olahan yang memiliki kandungan nitrosamin.
  • Menghalangi perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel

7. Perlindungan kardiovaskular (Penyakit yang terkait dengan pembuluh darah)

Curcumin mungkin bisa menahan oksidasi cholesterol pada tubuh. Sebab cholesterol teroksidasi bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah serta menumpuk di plak yang bisa mengakibatkan serangan jantung atau stroke, menahan oksidasi cholesterol baru bisa menolong kurangi perubahan aterosklerosis serta penyakit jantung.

Kunyit adalah sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk jaga tingkat homocysteine ​​agar tidak tinggi. Konsumsi B6 adalah salah satunya konsumsi tinggi vitamin B6 dihubungkan dengan penurunan efek penyakit jantung.

Dalam riset yang diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Farmakologi, saat 10 relawan yang sehat mengkosumsi 500 mg kurkumin /hari sepanjang 7 hari, bukan sekedar lakukan turunkan tingka oksidasi darah hingga turunkan cholesterol sebesar 33%, tapi keseluruhan cholesterol mereka turun 11.63%, serta HDL mereka (cholesterol baik) bertambah sebesar 29%! (Soni KB, Kuttan R).

8. Menahan Alzaimer

Beberapa riset tunjukkan jika kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit, bisa menahan penyakit Alzheimer dengan aktifkan gen yang mengkode produksi protein anti-oksidan. Satu studi yang diedarkan dalam Journal Biokimia Italia (Desember 2003) mengulas peranan kurkumin dalam induksi dari jalan oxygenase heme, skema pelindung, jika dipacu dalam jaringan otak, mengakibatkan produksi bilirubin anti-oksidan jadi lebih kuat, yang membuat perlindungan otak menantang oksidatif (radikal bebas) serta cidera.

Oksidasi itu disangka jadi aspek terpenting dalam penuaan serta mengakibatkan masalah neurodegenerative terhitung demensia seperti penyakit Alzheimer. Riset lain yang dikerjakan bersama dengan oleh team Italia serta Amerika Serikat serta dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Physiological Society tahun 2004 di Washington, DC, memperjelas jika kurkumin bertindak penting menginduksi gen, yang disebutkan hemeoxygenase-1 (HO-1) di astrosit dari daerah hippocampus otak.

9. Menahan Stres

Stres terkait dengan berkurangnya peranan neurotropik yang di turunkan dari otak serta berkurangnya hippocampus, ruang otak yang bertindak dalam belajar serta ingatan. sebab kandungan kunyit mempunyai peranan untuk menolong proses neurotropik ini membuat bisa memberi dampak anti stres.

Faedah kunyit untuk kesehatan memang sangatlah banyak, gunakan lah untuk tingkatkan peranan badan serta kesehatan kita. Langkah pemakaiannya bisa dikerjakan dengan beberapa hal seperti dalam bumbu masakan, bubuk, di rebus, atau dikonsumsi langsung bila dapat.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Manusia"

Post a Comment