18 Tips Jalan-jalan Hemat ke Eropa yang Harus Kamu Ketahui







Lebih dari 50 negara dari mulai negara Liechtenstein yang kecil sampai negara Rusia yang raksasa, Eropa adalah benua yang dapat kamu datangi berulang-kali tanpa ada merasakan jemu. Kekurangannya? Eropa adalah salah satunya benua yang paling mahal untuk didatangi.

Harga hotel di kota besar seperti Paris serta London akan membuat dompetmu tipis secara cepat, belum juga ongkos kehidupan! Jika ingin berlibur dengan anggaran yang tidak besar, pakai panduan berjalan-jalan irit ke Eropa tepat yang akan saya ulas di artikel ini!

1. Pakai Couchsurfing

Couchsurfing adalah situs dimana pemilik rumah dari penjuru dunia tawarkan fasilitas GRATIS untuk beberapa traveller. Ya, kamu tidak salah baca – gratis! Jika kamu bermalam diakomodasi dari Couchsurfing, kamu dapat tunjukkan rasa terima kasihmu pada pemilik rumah dengan memasak atau bawa hadiah kecil dari negara asalmu.

Ingin tinggal gratis di Eropa serta memperoleh tourguide lokal? Coba saja pakai Couchsurfing. Untuk beberapa traveller wanita yang pergi solo serta berpikir pilihan ini sedikit bahaya, kamu dapat memperhitungkan pilihan seterusnya.



2. Bermalam di Hostel

Harga bermalam di hostel memang tidak semurah dahulu tetapi kamu masih dapat mengirit banyak jika bermalam di hostel. Sebagian besar kota besar di Eropa mempunyai hostel yang dapat kamu pikirkan. Mengapa harga murah? Sebab kamar tidurnya akan dibagi dengan traveller lain seperti asrama – umumnya satu kamar dihuni oleh empat sampai sepuluh orang.


Harga semalamnya juga dapat serendah 9 EUR (~135,000 IDR) di kota besar seperti Barcelona. Lebihnya , kamu dapat juga bersahabat dengan rekan-rekan sekamar kamu! Kekurangannya? Mungkin kamu akan begitu mujur serta harus membagi kamar dengan orang yang ngorok jika tidur.

3. Atau Coba Airbnb

Pilihan yang lain yang barangkali sempat kamu dengar awalnya tentunya Airbnb – situs dimana pemilik rumah menyewakan kamar tempat tinggalnya untuk pelacak rumah periode pendek. Pada umumnya, kamar Airbnb tambah murah dibanding kamar hotel dan memberi kamu peluang untuk berhubungan dengan orang lokal. Tapi harga kamar Airbnb kadang tambah mahal jika dibanding dengan hostel. Jadi jika tidak ingin tinggal di hostel serta masih ingin berjalan-jalan irit ke Eropa, pikirkan pilihan untuk bermalam di Airbnb ya!

4. Naik Bis

Bis adalah langkah paling murah untuk melingkari Eropa, baik untuk perjalanan antar negara atau perjalanan di kota. Jika ingin berjalan-jalan irit ke Eropa, semestinya kamu cari tahu bis pass apa yang ada. Misalnya, jika ingin berjalan-jalan di London, memakai Oyster Card akan membuat perjalanan bis dalam kotamu lebih irit!

5. Terbang dengan Maskapai Anggaran

Orang yang berlibur ke Eropa umumnya habiskan waktunya di sejumlah negara, tidak satu saja. Untuk perjalanan antar negara, semestinya kamu memakai jumlahnya maskapai penerbangan anggaran yang ramah dompet seperti Ryanair atau Easyjet. Sering ada ticket pesawat dari London ke German yang di jual pada harga semurah 19 EUR (~285,000 IDR) jika sedang sale. Murah sekali ya?

6. Berjalan-jalan Memakai Interrail Pass

Tidak hanya bis pass, ada beberapa sekali train pass yang dapat kamu beli untuk berjalan-jalan irit ke Eropa! Interrail Pass, diantaranya. Kamu dapat memakai pass ini untuk memakai kereta api apa pun serta kemana saja di 30 negara di Eropa! Jika kamu merencanakan untuk lakukan banyak perjalanan antar kota atau antar negara, pass ini bisa menjadi alat tepat untuk mengirit uang transportasi kamu.

7. Kereta Malam

Ingin pakai Interrail Pass ataukah tidak, yakinkan kamu pilih untuk memakai kereta malam waktu lakukan perjalanan dengan kereta. Dengan demikian, kamu dapat menaruh uang fasilitas dengan tidur di kereta api dan mengirit waktu sebab perjalanan antar kota di menempuh pada malam hari waktu semua pertunjukan tutup.

8. Jangan Pergi Waktu Musim Panas

Harga fasilitas serta ticket pesawat pada saat musim panas tambah tinggi dibanding musim yang lain sebab adalah peak season untuk berjalan-jalan di Eropa. Harga mulai naik dari pertama bulan Juni sampai akhir bulan Agustus. Jika kamu tidak dapat menghindarkan liburan waktu musim panas, yakinkan kamu tidak hadir di bulan Agustus sebab tidak hanya mahal, Agustus adalah bulan teramai waktu kebanyakan orang sedang ambil cuti tahunannya di Eropa.

9. Pakai Kartu Pelajarmu

Jika kamu satu orang pelajar, yakinkan untuk bawa kartu pelajarmu untuk berjalan-jalan irit ke Eropa. Kamu dapat memperoleh banyak potongan harga memakai kartu pelajarmu di Eropa terhitung potongan harga untuk ticket masuk pertunjukan populer. Jika kamu bukan murid, coba saja untuk “mencari”nya darimanakah gitu…!

10. Mencari Museum Dengan Ticket Masuk Gratis

Di sejumlah kota seperti London, kamu dapat temukan banyak museum yang dapat kamu masuki tanpa ada membayar sepeser juga. Ada juga beberapa museum yang gratis cuma di hari-hari tersendiri jadi sebelum kamu bertandang, sebaiknya mengecek situs sah museum itu serta cari tahu adakah hari bebas ticket untuk masuk! Ada pula beberapa negara yang memberi akses gratis ke museum-museum nasionalnya pada hari Minggu pertama tiap bulannya, jadi janganlah lupa cek dahulu ya! Cukup kan dapat mengirit ongkos sedikit?

11. Harus Flexible

Panduan yang satu ini bukan sekedar akan membuat liburanmu lebih irit dan juga pastikan kamu dapat nikmati semua liburanmu. Jadi flexible bermakna kamu dapat mengubah travel rencana kamu setiap saat jika dibutuhkan sesuai dengan kondisi dan situasi!

12. Tahu Supermarket Paling dekat Kamu

Jika kamu ingin berjalan-jalan irit ke Eropa, jangan tetap makan di restoran atau cafe-cafe sebab tentunya akan membuat dompet kamu tipis secara cepat. Semestinya kamu cari tahu supermarket paling dekat fasilitas kamu, beli bahan makanan serta masak di hostel atau Airbnb kamu di hari-hari tersendiri. Kamu dapat juga beli makanan langsung saji jika tidak ingin repot memasak, tetapi tentunya makanan dari supermarket semakin lebih murah dibanding pada harga makanan di restoran.

13. Coba Makan di Bakery atau Makan Jajanan Jalanan

Jika kamu masih ingin makan di luar, coba untuk pergi ke bakery alias toko roti atau penjual jajanan jalanan Eropa saja. Satu bagian sajian souvlaki di Yunani dapat kamu beli seharga 2 EUR (~30,000 IDR) jika beli dari bakery sedang jika beli dari restoran, harga dapat sampai 10 EUR (~150,000 IDR).

14. Beli Kartu SIM Lokal

Dibanding bayar harga roaming, pikirkan untuk beli nomor lokal saja! Ditambah lagi jika kamu ingin memakai handphone kamu setiap saat.

15. Pakai WiFi Gratis

Jika kamu tidak ingin habiskan uang untuk beli nomor lokal, pakai saja WiFi gratis yang ada di banyak tempat di Eropa. Umumnya museum, perpustakaan dan restoran rantai seperti McDonalds serta Starbucks sediakan WiFi gratis!

16. Lihat Pemakaian Mata Uang yang Berlainan

Tidak semua negara di Eropa memakai mata uang Euro jadi yakinkan kamu mengecek dulu mata uang yang dipakai negara yang akan kamu datangi sebelum liburan. Yakinkan kamu tidak menukarkan uangmu di lapangan terbang waktu datang sebab harga jual-beli mata uang di lapangan terbang umumnya benar-benar mahal! Jika memang kamu punya niat berjalan-jalan irit ke Eropa, mengapa tidak pikirkan untuk berkunjung ke beberapa negara di Eropa ini – mereka tujuan yang tambah murah dibanding negara yang memakai mata uang Euro!

17. Nikmati Atraksi Gratis

Banyak atraksi gratis di Eropa yang dapat kamu saksikan! Dari mulai konser okestra dalam tempat terbuka sampai band bar. Kamu dapat cari tahu info atraksi gratis dengan menelusurinya di Google. Ditanggung kamu akan temukan suatu hal yang menarik!

18. Turuti Tour Jalan Gratis

Umumnya kota di Eropa tawarkan tour jalan gratis, cukup mencari saja online. Tour jalan gratis ini adalah peluang pas untuk berjumpa traveller lain ! Janganlah lupa untuk memberi panduan pada tour guide kamu ya sesudah usai turnya.


Dengan 18 panduan ini, kamu bisa memangkas budget liburan kamu dengan beberapa lo! Telah siapkah untuk berjalan-jalan irit ke Eropa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Tips Jalan-jalan Hemat ke Eropa yang Harus Kamu Ketahui"

Post a Comment